Ilmuwan Membuat Terobosan Baru Dengan Programmable Prosesor Quantum Yang Pertama

Komputer terbaik kita hari ini mungkin bisa membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dapat menyelesaikan suatu perhitungan yang rumit, seperti memecahkan password. Tapi dimasa depan hal itu dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik dengan menggunakan komputer kuantum. Fisikawan di NIST telah membuat lompatan signifikan terhadap tujuan ini dengan menunjukkan prosesor kuantum universal yang dapat diprogram untuk pertama kalinya.


Dengan kata lain, ini adalah pertama kalinya seseorang telah mengembangkan prosesor yang dapat menangani setiap set instruksi untuk lebih dari satu bit kuantum atau "qubit". Atau lebih mudahnya prosesor kuantum dengan kemampuan multytasking. Sebuah kemajuan yang cepat bila dilihat bahwa prosesor quantum dengan single tasking hadir kurang dari satu tahun yang lalu.

Tidak seperti komputer biasa, sebuah komputer kuantum menyimpan informasi dalam "qubit," atau kuantum bit. Sebuah bit reguler hanya terdiri dari satu bagian data yaitu 0 dan 1, tapi sebuah qubit dapat terdiri dari superposisi 0 dan 1. Itu hanya satu dari sejumlah perbedaan penting antara komputer kuantum dan komputer konvensional. Standar komputer menggunakan gerbang logika, seperti operator Boolean (dan, atau, tidak, dan sebagainya). Komputer kuantum menggunakan gerbang kuantum yang selalu reversibel, tidak seperti gerbang logika.

Sumber

Artikel Lainnya



0 komentar:

Poskan Komentar

Jika ada kesalahan, silahkan di isi komentarnya!!!!

Follow Me = Follow You

Like Ini