Istilah - istilah Dalam Dunia Komputer Part 1


Beberapa istilah dalam dunia komputer :



1. API:
Apa itu API:
API (Application Programming Interface) Sebuah gabungan perintah dan urutan instruksi yang bisa digunakan pengembang software untuk mendesain games atau aplikasi. Dengan adanya standar API ini, pengembang tidak harus menspesifikasikan aplikasi yang dibuatnya berdasar arsitektur hardware tertentu. Intinya, API berfungsi sebagai perantara yang menghubungkan programmer dengan hardware.

2. MP3:
Apa itu MP3:
MPEG-1 Audio Layer 3 atau lebih dikenal sebagai MP3 adalah salah satu format berkas pengodean suara yang memiliki kompresi yang baik (meskipun bersifat lossy) sehingga ukuran berkas bisa menjadi lebih kecil. Berkas ini dikembangkan oleh seorang insinyur Jerman Karlheinz Brandenburg. MP3 memakai pengodean Pulse Code Modulation (PCM). MP3 mengurangi jumlah bit data dengan menggunakan model psychoacoustic (menghilangkan suara yang tidak terdengar manusia).

3. Equalizer:
Apa itu equalizer:
Equalizer adalah fungsi untuk memperbaiki output suara yang dihasilkan MP3 Player. Kebanyakan MP3 Player hanya menyediakan preset EQ dengan beberapa pilihan. FM Range, Range frequency gelombang FM yang mampu diterima oleh tuner radio. Di Indonesia, FM Range yang digunakan adalah 87-108 MHz.

4. NTSC:
Apa itu NTSC:
National Television System Committee, adalah komite yang diorganisasikan oleh (EIA) yang mengembangkan standar penyiaran TV di Amerika dan beberapa Negara lainnya.

5. PAL: 

Apa itu PAL:
Kependekan dari phase-alternating line, adalah sebuah encoding warna yang digunakan dalam siaran televisi. PAL dikembangkan di Jerman oleh Walter Bruch, yang bekerja di Telefunken.


 

6. Ethernet:
Apa itu Ethernet:
Suatu protokol Local Area Network (LAN) yang dikembangkan Xerox Corporation bersama dengan DEC dan Intel pada sekitar tahun 1976. Protokol ini salah satu standar LAN yang paling banyak digunakan saat ini.

 

7. MAC Address:
Apa itu MAC Address:
Media Access Control address adalah ID yang dimiliki pada device yang terhubung dengan network. Seperti Ethernet controller serta wireless ethernet.

8. Touchpad:
Apa itu Touchpad:
Adalah sebuah alat input yang biasanya digunakan pada komputer laptop. Fungsinya sebagai penggerak kursor pada monitor, melalui stimulasi gerakan jari yang menyentuh touchpad tersebut. Dengan fungsi ini pula, touchpad ini digunakan sebagai pengganti mouse.Dari ukuran, biasanya memiliki ukuran yang berbeda-beda, tetapi biasanya tidak lebih dari 50 cm². Perkembangan Touchpad juga terus berlangsung, yang kini bukan hanya sebagai penggerak kursor, tapi juga memiliki fungsi untuk scroll maupun zooming suatu dokumen tertentu.

9. SCSI:
Apa itu SCSI:
SCSI (Small Computer System Interface) sebuah standar interface dan command set untuk transfer data antar-device ke PC Bus. Selain pada harddisk, juga sering digunakan pada drive optic, dan back-up storage. Lebih banyak digunakan pada workstation dan server. Desktop PC lebih mengandalkan interface ATA/IDE.

 

10. SATA:
Apa itu SATA:
SATA (Serial Advanced Technology Attachment) sebuah standar interface dan command set untuk transfer data antar device ke PC bus. Berbeda dengan IDE yang menggunakan signal parallel, SATA bekerja secara serial. Memungkinkan penggunaan kabel data yang lebih ringkas, jarak kabel yang lebih panjang, dan transfer speed yang lebih cepat. Sebelumnya telah digunakan, memiliki transfer data rate 150 MB/s (SATA-150). Yang sekarang banyak digunakan adalah SATA-300(SATA II) dan kelak SATA-600.


Artikel Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada kesalahan, silahkan di isi komentarnya!!!!

Follow Me = Follow You

Like Ini