9 Trick Berguna dari Google Search yg Mungkin Kamu Belum Tau

     Banyak dari kita menggunakan mesin pencari Google setiap hari, tapi apakah kawan2 sudah tahu, bahwa Google Search juga merupakan alat yang ampuh untuk melakukan beberapa hal ?

Ada beberapa trik sederhana namun ampuh yg dapat kawan2 gunakan ketika mencari informasi dengan Google?

Berikut ini trik2nya :


1. Menggunakan Google sebagai kalkulator.
Google telah built-in kalkulator, coba saja agan masukkan perhitungan seperti berikut:
270 * (55 / 5 + 3)
jangan lupa gan antara angka dan tanda operasi perhitungan diberi spasi
selanjutnya agan akan melihat ...
Hasil:
270 * ((55 / 5) + 3) = 3 780
Ya, komputer agan2 memang memiliki fungsi kalkulator juga, tetapi jika agan2 menghabiskan sebagian besar waktu agan di dalam sebuah browser, melakukan perhitungan terasa lebih cepat dan mengasyikkan dengan mengetikkan perhitungan ke dalam kotak pencarian browser google.

2. Menggunakan Google sebagai pemeriksa ejaan.
Jika agan tidak yakin tentang ejaan dari suatu kata, agan cukup memasukkan kata yg agan bingung ke Google, ini adalah cara cepat untuk melihat apakah kata tsb sudah memiliki ejaan yg benar. Jika tidak benar, Google akan menyarankan ejaan yang benar sebagai gantinya. Selain itu, jika agan ingin mendapatkan definisi dari suatu kata, agan dapat mengetikkan "define:" yg merupakan operator untuk mencari definisi dari berbagai kamus, contoh:
define: parasimpatis

3. Menggunakan "site:" yg merupakan operator untuk membatasi pencarian ke situs tertentu.
Banyak situs memiliki alat pencarian sendiri, tapi sebagian besar dari mereka tidak memunculkan hasil yang Anda cari. Sebagai contoh, jika Anda mencari posting tentang David Beckham di situs funkydowntown.com, agan dapat mencoba mengetik ini:
David Beckham site: funkydowntown.com
(semua posting dengan kata kunci David Beckham dalam situs tsb akan muncul dalam hasil).

4. Memeriksa waktu saat ini dari setiap negara di dunia dengan google.
Fitur ini memungkinkan agan untuk memeriksa waktu dari suatu negara atau kota di dunia, sehingga agan tidak perlu menelpon seseorang di luar negeri pada tengah malam hanya untuk tanya jam. Untuk memeriksa waktu, cukup masukkan "time" diikuti dengan nama kota. Sebagai contoh:
time California

5. Mengkonversi mata uang.
Google juga dapat melakukan konversi mata uang dengan kondisi terkini, misalnya ketikkan:
150 pounds in dollars
maka akan muncul hasil konversinya. Jika agan2 berbisnis di bursa saham, mungkin trik ini bisa sedikit membantu apakah agan harus membeli atau menjual valas.

6. Menggunakan pengecualian khusus dengan operator "-".
Agan dapat mempersempit suatu pencarian agan dengan oprator "-". Sebagai contoh, jika agan mencari informasi tentang David Beckham, tapi agan tidak ingin ada informasi tentang Victoria karena agan tidak suka pada victoria, agan bisa coba mengetikkan:
"David beckham"-victoria

7. Pencarian untuk jenis dokumen tertentu.
Google dapat mencari web untuk tipe file tertentu dengan menggunakan oprator "filetype:". Misalnya, jika agan mencari file PowerPoint tentang Cara mempercantik dekstop, maka agan2 bisa mengetikkan:
Cara mempercantik dekstop filetype: ppt

8. Mencari informasi dalam rentang numerik dengan menggunakan ".." operator.
Jika agan ingin mencari informasi mengenai peristiwa sepak bola pada Piala Dunia yang terjadi di tahun 1980-an, agan bisa mengetikkan dalam kotak pencarian sebagai berikut:
Sepak bola piala dunia 1980 .. 1990

9. Melihat kode area telepon.
Apakah agan tahu di mana suatu nomor telepon tertentu berada ? Google akan memberitahu agan di mana nomor telepon itu berasal dan menunjukkan peta wilayah tersebut. Misalnya coba ketikkan: 415

Artikel Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada kesalahan, silahkan di isi komentarnya!!!!

Follow Me = Follow You

Like Ini