Cara Mengetahui Link Nofollow atau Dofollow Pada Komentar Blog/Website

     Para blogger dan juga pemilik situs web biasanya sudah mengetahui bahwa kegiatan menebar link di banyak blog atau website secara terencara dapat meningkatkan posisi blog/web kita di search engine (mesin pencarian). Selain mendapatkan posisi yang baik dari hasil suatu pencarian di search engine, kita juga otomatis mendapatkan rangking halaman alias pagerank. Semakin besar angka page rank maka semakin bagus posisi kita di internet.


     Namun masih banyak blogger dan webmaster yang sembarangan dalam melakukan aktivitas blogwalking, sehingga apa yang telah dikerjakannya adalah sia-sia belaka jika tujuannya adalah untuk optimisasi mesin pencari (seo = search engine optimization). Dengan waktu yang terbatas, seharunya bloger dan webmaster hanya meletakkan komentar berlink yang memiliki status do follow. Dofollow dalam hal ini adalah di mana mesin pencarian diizinkan untuk memberikan nilai kredit tambahan (untuk pagerank) dan menelusuri link tersebut dari blog atau situs web kita (untuk index isi link target).

      Untuk itulah diharapkan para blogger dan webmaster melakukan identifikasi terlebih dulu (mengidentifikasi) atas link yang diberikan oleh suatu blog atau website jika kita memberikan komentar kita. Untuk mengetahuinya kita bisa melihat dari link komentator yang sudah ada. Jika link komentar hasil blogwalking orang do follow, maka kita boleh ikut-ikutan berkomentar. Akan tetapi jika no follow, maka sebaiknya anda urungkan niat untuk berkomentar sambil menebar link anda karena anda tidak akan mendapatkan apa yang anda inginkan. Jika belum ada komentar orang lain sama sekali, maka kita lihat dari link komentar artikel lain atau kita buat satu komentar lalu cari tahu apakah nofollow atau dofollow.

     Untuk mengetahui apakah suatu link komentar pada blog atau website nofollow atau dofollow anda dapat melakukan cara-cara berikut di bawah ini :

1. Memasang Software Khusus / Install Plugin Web Browser Kita
Anda bisa coba "SearchStatus Firefox plugin" atau "SeoQuake plugin for Firefox" yang kedua-duanya adalah fungsi tambahan untuk webbrowser mozilla firefox dalam mencaritahu suatu link itu diberi tag do follow atau no follow oleh admin blog atau websitenya. Untuk program "SearchStatus" anda perlu mengaktifkan “Highlight Nofollow Links” terlebih dulu untuk memperlihatkan link-link yang nofollow. Sedangkan untuk "SeoQuake" akan secara otomatis memberi tanda link yang nofollow.

2. Melakukan Cek Manual Dengan Fitur Khusus Pada Web Browser
Tips ini khusus untuk anda yang menggunakan mozilla firefox. Anda tinggal melakukan klik kanan dan pilih "view page source" lalu cari domain link anda dengan fitur "find" (pencet ctrl+f). Jika di sekitar kode link anda ada kata-kata nofollow atau external nofollow, itu berarti link yang anda dapatkan adalah nofollow. Bisa juga dengan menghightlight (mengarsir) suatu link, lalu memilih "view selection source" untuk melihat hanya kode linknya saja.

     Selamat mencoba, semoga anda berhasil menebar link anda secara terencana sebanyak-banyaknya di internet. Jangan tertipu dengan blog atau situs web yang memasang logo seolah-olah dofollow, tetapi pada kenyataannya nofollow.

Artikel Lainnya



0 komentar:

Poskan Komentar

Jika ada kesalahan, silahkan di isi komentarnya!!!!

Follow Me = Follow You

Like Ini