Hal-hal yang perlu diketahui pengguna komputer AWAM

     Banyak pengguna komputer awam yang sering menanyakan hal2 aneh pada teknisi/penjual komputer saat mereka mau membeli PC/Laptop.biasanya malah bukan mendapatkan jawaban dari para master2 itu, malah bahan tertawaan yg mereka dapat tp ya emang pd akhirnya dapat jawaban juga sih he3.... (kadang teknisinya g ketawa padahal menahan tawa).. Agar org awam g keliatan BEGOnya wkt mau beli PC/Laptop, sebaiknya perhatikan hal2 dibawah ini


1. Mas itu PCnya berapa GIGA??
      biasanya ada teknisi/penjual yang menawarkan spec PC yg komplit kepada pembeli awam dgn spesifikasi terlampir.. eh ga taunya tu pembeli malah bilang "PCnya berapa giga" pdhl da jelas2 tuh spec terlampir.. emang apanya yg berapa giga?? HDDnya? Procesornya? ramnya? Buat Pengguna awam kata giga itu bukan menandakan spec utama komputer, sebaiknya tanyakan apa Procesornya, berapa kecepatannya?single core / multi core? baru menanyakan GIGA pada Ramnya ato hardisknya

2. Mas itu PENTIUM berapa??
      biasanya ada pembeli yg mo beli PC langsung menanyakan hal ini, ga peduli specnya apa. emangnya didunia ini processor cuma pentium?? perlu diketahui tipe processor pentium sudah tidak diproduksi lagi karena generasi terakhir E5300 juga sebentar lagi diskontinyu.. jadi klo mo cari PC/Laptop tanyakan "Procesornya apa? Kecepatannya? Single Core / Multi core? tanyakan juga spec komponen lainnya dan jangan pernah lagi menayakan "ITU PENTIUM BERAPA!!!"

3. Orang awam hanya tau merk "INTEL"
      Perlu diketahui bahwa banyak merk processor yang ada didunia, tapi yang populer adalah Intel & AMD, nama Intel telah sering didengar org awam, jadi taunya processor ya cuman intel kayak motor taunya cuman HONDA aja, ada yg sebagian tau merk AMD tapi katanya AMD itu panas.. perlu diketahui processor AMD adalah prosessor terbaik dikelas price & performance, dan jaman sekarang processor2 sudah dibangun dgn fabrikasi 65nm-45nm yg artinya sudah sangat dingin meski di Overclock sekalipun, (buat org awam Overclock itu sama aja istilahnya dgn naikin cc motor yg tadinya 100cc jadi 250cc) JADI TIDAK ADA ALASAN BAHWA PROCESSOR AMD ITU PANAS!! bahkan pengguna AMD lebih didominasi para overclocker/gamer/hardware enthusiast/teknisi/Game Center.. dan Intel lebih didominasi oleh pengguna Komputer awam terutama CEWEK/Kantor/Org2 yg punya budget lebih (karena dgn harga yg sama akan mendapatkan processor AMD yg jauh lebih baik performanya).. So buy AMD why not

4. Mas itu VGAnya berapa GIGA???
      Ini pertanyaan BEGO!! & sangat menggelikan yg sering dilontarkan dari org awam ketika mo beli VGA.. perlu diketahui bahwa yg menentukan bagus tidaknya performa VGA bukan pada jumlah VRAMnya, melainkan arsitektur chip VGA itu sendiri seperti Jenis chipsetnya, kecepatan core / memori clocknya, buswidthnya / bitnya, jumlah stream processornya (untuk Nvidia & ATi beda struktur stream processornya jadi jgn pernah disamakan), jenis VRAMnya (DDR2/GDDR3/GDDR5). Jadi besarnya kapasitas VRAM tidak menentukan performa VGA itu sendiri.. sebagai contohnya Nvidia 9500GT 1GB vs Nvidia 9800GT 512MB tetep aja 9500GT performanya jauh buanget dibawah 9800GT meskipun VRAM 9500GT lebih banyak 2x lipat, itu dikarenakan arsitektur 9800GT yang teknologinya lebih kompleks dari 9500GT.. Jadi jika ingin beli VGA pastikan tipenya chipsetnya, kecepatan core / memori clocknya, jumlah stream processornya, buswidthnya, tipe memorinya, baru yang terakhir kapasitas VRAMnya.

5. PSU sebagai jantung PC anda
      Banyak pengguna awam yang menganggap remeh PSU pada sebuah PC, PSU itu ibarat jantung yang menyuplai kebutuhan listrik untuk komponen2 dalam PC, seringkali orang awam yang mo merakit PC Gamer/High End/Mainstream sering mengesampingkan PSU sebagai pilihan terakhir ato malah tidak sama sekali karena mereka berpikir PSU bawan casing sudah cukup KARENA DANGKALNYA ILMU YG MEREKA MILIKI TENTANG HARDWARE!!! PSU abal-abal & PSU bawaan casing sangat tidak layak jika anda membangun PC berkualias (High end/Mainstream) karena PSU jenis ini memiliki efisiensi daya yang tidak pernah sesuai dengan apa yg tertera pada labelnya, karena PSU2 tersebut cuma memiliki efisiensi sekitar 25% saja dari total daya yg tertera dilabel. PSU2 tersebut juga biasanya memiliki rail 12v yang tidak layak dikonsumsi, ripple yang yg tdk stabil, tidak adanya active PFC, & fitur2 lainnya yg siap suatu saat membunuh PC anda!! PENGGUNAAN PSU ABAL2 PADA KOMPUTER BERKUALITAS IBARAT MEMPEKERJAKAN KULI UNTUK KERJA KERAS 10 HARI NON STOP HANYA DIBERI MAKAN 1 HARI DAN AKHIRNYA MATI KONYOL!!!!

6. Persepsi keliru mengenai biaya mahal PC gaming
      Salah besar bila ada orang beranggapan bahwa membangun PC Gaming biayanya akan lebih mahal ketimbang membeli Xbox360/Playstation 3. Sebab harga sebuah videocard high-end masih lebih murah ketimbang console game next-gen tersebut. Anggapan bahwa PC gaming biayanya lebih mahal hanya benar bila seorang gamer sama sekali tidak memerlukan sebuah PC, sehingga membeli PC gaming menjadi mahal karena ada unsur PC (manfaat PC untuk bekerja) yang tidak ia butuhkan. Namun bila dalam keseharian seorang gamer membutuhkan PC untuk bekerja, berproduktifitas, atau mencari uang, maka PC Gaming adalah solusi paling ideal dan lebih murah dibanding membeli console next-gen. Sebab sebuah console game tentu tidak akan dapat dipakai untuk bekerja.Salah satu keunggulan utama PC Gaming dibanding console game adalah anda bisa membackup DVD game kesayangan anda dengan cukup menambahkan DVD-RW drive yang harganya cuma berkisar Rp.300 ribu saja alias masih lebih murah ketimbang harga DVDROM XBox360 yang fungsinya hanya bisa untuk membaca saja. Lagi-lagi dalam hal ini PC Gaming lebih murah. Selain itu, PC Gamer di Indonesia pada umumnya tak pernah membeli DVD game PC, tapi cuma MENYEWA dengan tarif cuma Rp.4 ribu saja. Perilaku mayoritas PC gamer di Indonesia adalah menyewa game dan kemudian mengcopy-nya ke harddisk / DVD kosong. Jadi praktis biaya memiliki game PC cuma Rp.4000 saja (bila dicopy ke harddisk). Sedangkan bila game dicopy ke DVD kosong (Rp.2000) harga totalnya menjadi Rp. 6000 (sewa+copy). Hal tersebut diatas adalah REALITA !!! Mustahil anda bisa mendapatkan DVD game XBox360 & Playstation3 dengan harga semurah DVD game untuk PC. Mustahil pula anda bisa meng-copy DVD game menggunakan console game. Perlu diingat bahwa Komputer berkinerja tinggi (misal:PC Gaming) itu murah, namun komputer yang diapakai untuk bergaya (misal: Notebook) itu mahal. Ingatlah sebuah hukum yang berbunyi: "Gengsi & penampilan selalu lebih mahal daripada kinerja". Hukum alam ini berlaku dimanapun, baik di dunia komputer maupun dalam realita kehidupan sehari hari. Contoh nyata dalam realita kehidupan yang menunjukkan bahwa gengsi lebih mahal daripada kinerja: Memiliki pacar cantik lebih mahal biayanya ketimbang memiliki pacar yang rajin bekerja (tapi jelek). Sama seperti sekretaris sexy yang lebih mahal gaji-nya ketimbang kuli yang bekerja 24 jam.Sebuah PC desktop dengan spek standard seperti diatas tidak akan dapat mendongkrak gengsi angsa seperti halnya notebook dengan spek sama. Namun PC desktop merupakan fondasi sebuah PC Gaming. Dan PC Gaming adalah sebuah benda yang memiliki nilai gengsi....Orang-orang yang mengatakan bahwa PC Gaming itu mahal adalah orang yang sedang tidur dan harus segera dibangunkan dari mimpi-mimpi konyolnya!!!

Artikel Lainnya



2 komentar:

kuerisol mengatakan...

iya tu, kl saya tu dulu kena pada no 4 & 5, tapi dah di jelasi am penjualnya.... jd dah ngerti...
tp mungkin master sekalipun pernah mengalami hal yang sama seperti yang diatas
jd selama mau belajar, gak ap 2x di bilang bodoh

Dedi Uciha mengatakan...

Betul itu gan!
PC game jauh lbih murah dari console. Xbox 360 dan PS3+LCD TV harganya berapa. (CUMA BISA MAIN GAME)
PC ane Harga 5 jeti komplet. Sudah bisa main game Xbox 360 n PS3. dengan kualitas grafis yg lbh mntap. (BISA BIKIN GAME)

Poskan Komentar

Jika ada kesalahan, silahkan di isi komentarnya!!!!

Follow Me = Follow You

Like Ini