Tips agar komputer lebih sehat

     Tips Komputer Anda Lebih Sehat. Ya mungkin anda pernah mengalami komputer bermasalah, entah karena virus, software yang crash, atau windows yang error...Nah kali ini saya akan berbagi sedikit tips agar komputer anda menjadi lebih sehat, sehingga anda akan terhindar dari berbagai masalah seperti diatas, yang tentunya akan menguras energi, pikiran dan perasaan anda.


Berikut tips yang layak anda coba .......

1. Waspadai Jaringan
      Ya...bagi komputer yang terhubung dengan jaringan, patut waspada terhadap virus.....karena virus paling mudah menular melalui media jaringan, ketika kita berbagi file atau data sering tanpa kita sadari si virus ini ikut nebeng transfer (autorun) dari satu komputer ke komputer yang lain. Untuk meminimalisir penyebaran virus, pastikan Antivirus anda selalu Update. Atau sekiranya jaringan tidak begitu sering anda gunakan sebaiknya lepas saja kabel jaringan anda (RJ 45).

2. Uninstall
      Mungkin anda pernah atau bahkan sering sekali menginstall software, program aplikasi. ataupun driver....??? Mungkin juga anda pernah gagal dalam melakukan instalasi, dan anda terus menginstall saja tanpa menghapusnya terlebih dahulu...??? Ya..hal - hal kecil seperti itulah tanpa kita sadari dia akan menyebabkan windows anda menjadi crash ataupun error. Nah untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya anda lakukan uninstall (pada add/remove program) terlebih dahulu ketika anda akan melakukan instalasi kembali suatu software/driver yang gagal ketika pertama kali diinstallkan.

3. Waspadai isi harddisk anda
      Maksudnya ketika anda mendapati harddisk anda penuh berarti itu warning buat anda. Karena sistem membutuhkan space hardisk kosong paling tidak 25 % dari keseluruhan total hardisk anda. So kalau anda mendapati hardisk sudah penuh segera lakukan backup pada anda dan mulai mengurangi isi dari harddisk anda. Atau anda perlu mempertimbangkan untuk mengganti harddisk dengan kapasitas lebih besar.

4. Deffragment
      Men defrag harddisk adalah bagian yang tidak kalah penting, yang tidak hanya dapat memberikan ruang lebih pada harddisk tapi juga meningkatkan jangka waktu hidupnya. Jadi mulailah secara rutin mendefrag harddisk agar kinerja sistem komputer kita tetap terjaga.

5. Hindari software dengan versi alpha atau betha
      Versi Alpha, Beta dan Release Candidate sengaja dibuat dan ditujukan bagi para pengembang (developer) untuk menguji seberapa stabilnya software yang dibuat terhadap sistem atau pun seberapa rentan keamanan software tersebut, sehingga bagi para pengguna kebanyakan lebih baik untuk menunda menggunakan software versi alpha dan beta agar terhindar dari masalah karena versi ini mungkin belum stabil dan masih banyak bug.

6. Software keamanan
      Menjelajah web tanpa software keamanan sekarang ini seperti menjelajah daerah bersalju tanpa mantel. Betapa pentingnya software keamanan sehingga seharusnya diinstal setelah kita menginstal sistem operasi. Software keamanan bisa berupa antivirus, firewall, antispyware dll. Dan pastikan juga software keamanan tersebut berasal dari perusahaan yang dapat dipercaya.

7. Waspadai Flashdisk
      Lho kok flashdisk....ya jangan dikira flashdisk yang kita gunakan itu selalu aman. Flashdisk adalah media yang paling sering digunakan secara berpindah - pindah. Sehingga seperti penyakit, dia dapat menularkan virus dari satu komputer ke komputer yang lain, jadi waspadalah ...waspadalah....penularan virus bukan hanya terjadi ketika kita terhubung dalam jaringan saja tetapi penularan virus juga dapat terjadi karena ada kesempatan.

Artikel Lainnya



0 komentar:

Poskan Komentar

Jika ada kesalahan, silahkan di isi komentarnya!!!!

Follow Me = Follow You

Like Ini